Excess Zero pada Regresi Poisson

Respon variabel memungkinkan untuk kosong/tak terisi (zero response), termasuk dalam count data. Zero response dapat diperlakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu menganggapnya sebagai data missing dan melakukan imputasi pada data tersebut. Akan tetapi, dalam banyak kasus, kosong memiliki arti penting pada penelitian yang bersangkutan, misalnya tidak ada pembunuhan di suatu lokasi, tidak ada penyakit filariasis (kaki gajah) di suatu kabupaten, remaja yang tidak pernah sama sekali meminum minuman keras, dll. Jika nilai nol memiliki arti penting dalam count data maka data tersebut harus dimasukkan dalam analisis.

Dalam penelitian dapat dijumpai kondisi di mana terlalu banyak nol (lebih dari 50 persen). Besarnya proporsi data yang bernilai nol dapat berakibat pada ketepatan (presisi) dari inferensia (Winkleman, 2008). Selain itu, regresi Poisson juga menjadi tidak tepat lagi menggambarkan data yang sebenarnya (Sumarni, 2009). Menurut Hinde dan Demetrio (1992), excess zero merupakan salah satu penyebab terjadinya overdispersion (Bahn dan Massenburg, 2008).

Jadi, jika count data sangat bervariasi dan nilainya lebih besar dari nol atau jumlah nolnya sedikit maka dapat diindikasikan hanya terjadi overdispersion. Jika count data memiliki nilai varians yang sama dengan rata-rata, tetapi banyak yang bernilai nol maka dapat diindikasikan hanya terjadi excess zero. Jika count data sangat bervariasi dan nilai nolnya sangat banyak maka dapat diindikasikan terjadi overdispersion dan excess zero.
Data dengan excess zero bisa diatasi dengan menggunakan Regresi Zero Inflated Poisson (ZIP). Untuk data dengan overdispersion dan excess zero dapat diatasi dengan Zero Inflated Generalized Poisson (ZIGP).

Referensi:
Winkelmann, Rainer. 2008. Econometric Analysis of Count Data 5th edition. Berlin: Springer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: