The King’s Speech dan Gagap

Tulisan saya berikut ini terinspirasi dari film King’s Speech. Film yang meraih piala Oscar 2011 kategori film terbaik ini menceritakan tentang raja yang mengalami kesulitan dalam berbicara atau biasa disebut gagap, yang akhirnya bisa disembuhkan. Saya jadi teringat dengan teman SD saya yang juga gagap. Waktu itu saya dan teman-teman pernah menanyakan kepadanya perihal penyebab kegagapannya tersebut. Dia menjawab bahwa saat masih balita, dia pernah meminum minyak tanah yang cukup banyak. Waktu itu saya berkesimpulan bahwa penyabab gagap adalah kelainan atau kerusakan pada tenggorokan.

Seiring berjalannya waktu, sayapun tahu bahwa gagap bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis yaitu ketegangan yang berasal dari reaksi seseorang terhadap lingkungannya, stress mental karena sesuatu yang dirasakan tidak dapat dilakukannya. Hal ini seperti yang terjadi pada Raja George VI dalam film King’s Speech.

Dalam Wikipedia, gagap didefinisikan sebagai suatu gangguan bicara di mana aliran bicara terganggu tanpa disadari oleh pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, kata, atau frasa; serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara, namun biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Kegagapan dapat berlanjut dan semakin buruk, kondisi ini disebut dengan kegagapan yang berkembang (Developmental Stuttering). Jenis kegagapan ini tidak akan membaik tanpa adanya pengobatan lebih lanjut. Kegagapan juga dapat diperoleh sebagai akibat dari cedera otak (biasanya dari cedera karena kecelakaan atau karena penyakit yang berhubungan dengan otak, seperti misalnya Alzheimer), atau terkadang juga dikarenakan trauma yang berat.
Dalam situs http://www.klikdokter.com, gagap dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

1. Konseling

Terapi ini berusaha mendidik orangtua ataupun orang terdekat dari penderita berkaitan dengan perkembangan berbicara dan bagaimana menanggapi mereka yang gagap dengan cara yang positif. Misalnya, tidak menyela ketika penderita sedang berbicara. Tanggapan yang tepat dapat membantu mereka terhindar dari masalah sosial dan emosional yang dapat berkembang.

2. Terapi Berbicara

Terapi ini mempunyai sejumlah pendekatan yang berbeda, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, apakah masalah kegagapan ini ingin diatasi dengan sendirinya, dan tingkat masalahnya. Biasanya ahli patologi masalah berbicara dan berbahasa juga menggabungkan dan memperluas elemen dari teknik konseling.

Metode yang digunakan untuk mengobati kegagapan pada terapi ini dibagi menjadi dua, yaitu:
Pengobatan Tidak Langsung. Metode ini berfokus pada penciptaan lingkungan yang nyaman dan santai, sehingga dapat meningkatkan cara berbicara penderita dengan alami. Ahli patologi disini akan mengevaluasi dan memonitor kemajuannya.
Pengobatan Langsung. Metode ini berbentuk suatu interaksi pribadi antara ahli patologi dengan penderita kegagapan. Ahli patologi di sini akan mengajarkan penderita bagaimana membentuk kata-kata, berbicara secara perlahan, dan merasa santai walaupun saat kegagapan muncul. Penderita juga dapat mempraktekkan sendiri latihan-latihannya di luar jam praktek. Penderita juga akan belajar untuk menghilangkan gejala-gejala fisik dari kegagapan, seperti mata berkedip, dan bagaimana menghadapi masalah emosi yang mungkin timbul dikarenakan kegagapan tersebut.
Terapi ini seperti yang dijalani oleh Raja George VI dengan bantuan Lionel Logue.

3. Obat Dokter

Obat dokter terkadang digunakan sebagai bagian dari pengobatan untuk kondisi seperti depresi atau kecemasan yang dapat memperburuk kegagapan.

Baca juga penghambat perkembangan bicara dan bahasa anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: