Biografi Poisson

Bagi orang yang berkecimpung di bidang statistika pasti nama ini tak asing lagi bagi mereka (termasuk saya,hehe…). Saat mulai penat dengan teori-teori statistika yang akan saya tuliskan di skripsi, iseng-iseng saya cari biografi statistisi yang nama ini akan banyak menghiasi skripsi saya tercinta,hehe…

Ketika saya search dengan mengetikkan keyword biography Poisson ke dalam mesin pencari Google ternyata banyak sekali artikel yang mengulas biografi beliau dan sebagian besar bahkan hampir semua dalam bahasa Inggris. Sayapun berharap kelak ketika seseorang mencari nama saya di internet akan muncul banyak nama saya, tentunya dengan sederet prestasi gemilang (I wish, Amiiin…).

Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba mengulas,lebih tepatnya menerjemahkan biografi Poisson yang saya dapatkan dari proses pencarian di internet tadi.

Simeon Denis Poisson, itulah nama lengkap beliau. lahir pada Kamis 21 Juni 1781 di Pithiviers, Loiret, berkebangsaan Perancis dan merupakan putera dari seorang tentara yang bernama Simeon Poission. Poisson meninggal pada 25 April 1840 di Sceaux, Hauts-de-Seine.
Pada 1798, ia masuk École Polytechnique di Paris. Pada tahun 1800, kurang dari dua tahun setelah masuk, ia menerbitkan dua laporan ilmiah, satu di Étienne Bézout’s method of elimination, the other on the number of integrals of a finite difference equation (maaf, ga ngerti maksudnya,hehe). Yang terakhir diperiksa oleh Sylvestre-François Lacroix dan Adrien-Marie Legendre , yang merekomendasikan bahwa hal ini harus diumumkan dalam Recueil des savants étrangers, suatu kehormatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seorang pemuda delapan belas tahun.
Segera setelah menyelesaikan studinya di École Polytechnique, ia diangkat répétiteur (asisten mengajar) di sana.Beliau menjabat wakil profesor (suppléant Professeur) pada tahun 1802. Pada tahun 1808 ia menjadi astronom di Biro des Bujur , dan ketika Faculté des Sciences telah dilembagakan pada tahun 1809 ia diangkat sebagai profesor mekanika rasional (Professeur de ‘s Mécanique rationelle).
Penemuan-penemuan Poisson di bidang Ilmu Pengetahuan adalah sebagai berikut.
1. Proses Poisson
2. Persamaan poisson
3. Poisson kernel
4. Distribusi Poisson
5. Braket Poisson
6. Regresi Poisson
7. Poisson rumus penjumlahan
8. Poisson’s spot
9. Rasio Poisson
10. Poisson nol
11. Conway-Maxwell-distribusi Poisson
12. Euler-Poisson-Darboux persamaan

Inilah sepenggal kisah salah satu orang pintar di bidang yang saya tekuni saat ini. Berharap dengan mengetahui biografi-biografi orang hebat di bidang statistika dapat membuat saya semakin mencintai bidang tersebut dan kelak akan menghasilkan karya-karya gemilang seperti mereka, misalnya distribusi Nofita, koefisien nofita, korelasi Istiana, dll:D
Amiiinnn…bermimpi itu boleh dan perlu…yang penting jangan ragu dan tetap berusaha keras dan berdoa…
Selamat Belajar:)

Leave a Reply

