Perbedaan pendapatan bersih dan gaji bersih

Karena bingung mau nulis apa dan ga mau blog ini minim tulisan,saya share aja ya tugas Mata Kuliah Statistik Kependudukan ini. Meskipun hanya satu poin aja:)
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya…
Selamat membaca^^

Sering kita mendengar kalimat, “Berapakah pendapatan orang tua anda per bulan?” atau “Bagaimana hubungan antara pendapatan dengan pengeluaran untuk konsumsi?”.
Coba bandingkan dengan, “Berapakah gaji orang tua anda per bulan?” atau Bagaimana hubungan antara gaji dengan pengeluaran untuk konsumsi?”
Tahukah bedanya??
Mari kita bahas…

Ikatan akuntan Indonesia dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 23 mendefinisikan pendapatan sebagai arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama suatu periode bila arus masuk itu mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.
Menurut Baridwan (1997) merumuskan pengertian pendapatan adalah aliran masuk atau kenaikan lain aktiva suatu badan usaha atau pelunasan utang (atau kombinasi dari keduanya) selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa, atau dari kegiatan lain yang merupakan kegiatan lain yang merupakan kegiatan utama badan usaha.
Dalam buku pedoman SAKERNAS 2010, Pendapatan bersih sebulan yang lalu adalah imbalan atau penghasilan selama sebulan baik berupa uang maupun barang yang diterima oleh seseorang yang bekerja dengan status berusaha sendiri, pekerja bebas di pertanian atau pekerja bebas di non pertanian.
Dalam Wikipedia tercantum pengertian gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Buku pedoman SAKERNAS 2010 disebutkan bahwa Upah/gaji adalah imbalan yang diterima selama sebulan oleh buruh/karyawan/pegawai baik berupa uang ataupun barang yang dibayarkan oleh perusahaan/kantor/majikan setelah dikurangi dengan iuran wajib (askes taspen, taperum, astek), pajak penghasilan dan sebagainya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendapatan bersih adalah penghasilan yang diperoleh oleh seseorang atau rumah tangga atau perusahaan karena kegiatan usaha yang mereka lakukan, kebanyakan dari penjualan produk atau jasa kepada pelanggan. Sedangkan gaji bersih adalah gaji yang diterima oleh pekerja (pegawai) setelah dikurangi potongan (gaji yang dibayar (tunai) setelah dikurangi dengan semua potongan)
So…Ingat!!!konsep dan definisi pendapatan dan gaji itu berbeda…
Sumber:
Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba 4
Baridwan, Zaki. 1997. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE
Badan Pusat Statistik. 2010. Buku Pedoman Pencacah Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas)
http://www.wikipedia.org
http://bahtera.org/kateglo/?mod=dictionary&action=view&phrase=gaji%20bersih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: